Cara Membaca Menu Portofolio di Aplikasi IPOT EZ

Berikut ini adalah cara membaca menu-menu yang ada pada halaman Portofolio di aplikasi IPOT EZ untuk membaca pergerakan saham yang sudah kamu beli.

InvestorPemula.com - Cara membaca menu Portofolio di aplikasi IPOT EZ ini sebenarnya mudah sekali. Tapi buat kamu yang mungkin masih pemula atau baru pertama kali menggunakan IPOT EZ akan sedikit kebingungan saat membuka menu Portofolio.

Setelah kita membeli saham maka kita akan sering memantau saham-saham yang sudah berhasil kita beli sebelumnya. Karena kalau kita tidak memantaunya maka kita tidak akan tahu apakah kita sedang untung atau rugi setelah membeli saham.

Memantau perkembangan saham yang sudah dibeli setiap hari adalah sebuah kegiatan yang sering dilakukan oleh pemula dalam dunia saham. Jadi mungkin artikel ini dapat bermanfaat buat kamu yang masih pemula.

Cara Membaca menu-menu halaman portofolio di aplikasi IPOT EZ

Cara Membaca Menu Portofolio di Aplikasi IPOT EZ Yang Mudah Dipahami

Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana cara membaca menu pada halaman portofolio di aplikasi IPOT EZ yang akan berguna bagi investor pemula seperti kami untuk memantau saham yang sudah dibeli.

Baca Juga: Cara Melihat Saham Yang Sudah Dibeli Di IPOT EZ

Pada halaman Portofolio akun kamu di IPOT EZ itu ada menu untuk Saham & ETF, Reksadana, Reksadana IPOTPAY, dan Obligasi. Tapi di kesempatan kali ini kami ingin membahas yang bagian saham saja.

Ingat ya, halaman Portofolio ini akan ada isinya setelah kamu berhasil membeli saham.

Jika kamu sudah membeli saham maka tampilannya kurang lebih akan seperti berikut.

Terdapat beberapa istilah yang mungkin belum kamu pahami. Istilah-istilah tersebut adalah:

  • NO
  • CODE
  • #QTY
  • M.VALUE
  • POTG/L

Mari kita bahas satu per satu agar kamu dapat membaca menu Portofolio di aplikasi IPOT EZ yang kamu gunakan.

Menu di Halaman Portofolio aplikasi IPOT EZ

NO

NO adalah singkatan dari nomor yang bermaksud untuk menunjukan nomor urut dari saham yang sudah kamu beli. Jadi kalau kamu sudah membeli 4 jenis saham maka nomor ini akan terdiri dari 1 sampai 4.

CODE

CODE pada halaman Portofolio di aplikasi IPOT EZ ini adalah untuk membaca kode saham yang sudah kamu beli. Jadi dalam Portofolio itu yang tercatat adalah kode-kode saham perusahaan bukan nama perusahaan.

#QTY

#QTY sebenarnya adalah singkatan dari Quantity yang berarti kuantitas. Pada bagian #QTY ini kamu dapat membaca jumlah lot saham yang kamu miliki karena sudah membelinya.

M.VALUE

M.VALUE adalah singkatan dari Market Value, menu ini akan menunjukan total nilai saham yang kamu miliki per kode saham.

Jadi misalkan kamu mempunyai 3 lot saham ANTM maka pada M.VALUE kamu bisa membaca total harga 3 lot saham ANTM saat ini. Sehingga kamu dapat mengetahui berapa total aset kamu dalam bentuk saham.

POTG/L

Pada bagian TOPG/L ini kamu akan dapat membaca berapa keuntungan atau kerugian saham yang sudah kamu beli dengan mudah. Kalau nominal pada TOPG/L ini tidak ada tanda minus (-) maka itu adalah keuntungan kamu dari saham yang kamu beli atau Gainer.

Dan jika ada tanda minus (-) maka saham yang kamu beli sedang turun sehingga kamu rugi atau Loser.

Dengan adanya menu ini kamu bisa membaca dengan mudah berapa keuntungan dan kerugian kamu saat membeli saham di aplikasi IPOT EZ.

Baca Juga: Cara Beli Saham di Aplikasi IPOT EZ - Simple Buy

Nah itulah cara membaca menu di halaman Portofolio pada aplikasi IPOT EZ. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu kamu bagi yang masih pemula saat membeli saham di aplikasi IPOT EZ.

Posting Komentar

© InvestorPemula.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain