Pengertian dan Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek

Berikut adalah pengertian dan juga jenis-jenis investasi jangka pendek yang mungkin perlu kamu ketahui bila ingin melakukan investasi jangka pendek.

InvestorPemula.com - Era modern sekarang ini banyak yang telah melakukan investasi, salah satunya investasi jangka pendek. Umumnya investasi jangka pendek banyak digemari oleh para pemula. Investasi jangka pendek terbaik untuk pemula.

Sudah umum jika para pemula kurang memahami jenis dalam investasi jangka pendek ini. Investasi ini biasanya hanya memerlukan waktu yang singkat dengan tingkat risiko yang rendah. Yuk, simak apa saja jenis dari investasi tersebut.

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Pengertian dan Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek

Sebelum membahas jenis investasi jangka pendek, pahami pengertiannya terlebih dahulu. Investasi jangka pendek adalah bentuk investasi untuk waktu yang singkat. Secara umum, instrument nya merupakan deposito.

Investasi singkat ini memiliki tempo waktu yang singkat dan risiko yang sangat rendah. Untuk investasi jangka pendek berapa lama, yakni sekitar 1 hingga 2 tahun saja. Sifatnya dapat berupa pendapatan tetap, sehingga tetap mendapatkan hasil yang cukup bagus.

Jenis Investasi Jangka Pendek

Umumnya, sebelum melakukan investasi jangka pendek ada beberapa tujuan yang hendak dicapai. Paling umum dari pada pengguna investasi jangka singkat ini, yakni karena kebutuhan yang mendesak. Adapun jenis investasi jangka pendek sebagai berikut!

1. Deposito

Dari beberapa jenis dari investasi, deposito termasuk dalam investasi dengan jangka waktu pendek. Deposito ini berbentuk tabungan, sehingga deposito didapatkan dengan menyetorkan dana dalam periode tertentu.

Dana deposito ini dapat dicairkan pada tanggal yang sudah ditentukan saja, dan terdapat bunga dari deposito tersebut. Investasi jenis ini sudah banyak dipilih oleh para pemula, dan sangat minim resiko kebangkrutan.

2. Reksa Dana

Jenis investasi berikutnya, yakni reksa dana. Reksa dana kini telah banyak diminati oleh para pemula karena dinilai praktis. Sebagai investor pada reksa dana ini hanya perlu menyiapkan modal saja.

Reksa dana bisa jadi investasi jangka panjang maupun pendek. Contoh investasi jangka pendek dari reksa dana, yakni reksa dana pasar uang. Sudah pasti reksa dana pasar uang ini minim risiko, dan cocok bagi investor yang ingin jangka waktu singkat.

3. Investasi Emas

Emas dapat digunakan untuk berinvestasi karena harganya yang cenderung stabil. Berinvestasi emas ini juga jenis investasi dengan tempo waktu yang singkat. Selain itu, emas sangat mudah untuk dicairkan.

Investasi jenis ini merupakan alternatif yang sangat efektif jika memerlukan dana mendadak. Emas dapat dijual sewaktu-waktu apabila dibutuhkan dana secepatnya. Kini telah tersedia pula investasi emas secara elektronik.

Karena berinvestasi emas secara fisik mendatangkan risiko pencurian, maka bisa dicoba investasi emas digital. Modern ini telah banyak beredar aplikasi investasi dengan emas digital dan harga pembeliannya pun beragam.

4. Investasi Obligasi

Jenis investasi jangka pendek berikutnya, yakni obligasi. Investasi jenis ini merupakan keluaran dari pemerintah. Adapun jatuh tempo dari obligasi ini bervariasi, namun berkisar 1 hingga 3 tahun saja. 

Cara kerja dari investasi obligasi dinilai cukup mudah dilakukan pemula. Adapun penerbit obligasi nantinya akan memberi bunga yang harus dibayarkan investor secara berkala. Dan sudah pasti investasi jenis ini terlindungi sehingga minim risiko.

5. P2P Lending

P2P Lending atau kerap dikenal dengan peer to peer lending. Jenis investasi ini sangat populer dikalangan investor. Karena P2P ini merupakan bentuk fintech yang mana penyedia jasa pinjaman dapat bertemu langsung dengan peminjam.

Dalam hal ini, investor merupakan seorang lender atau pemberi layanan pinjaman. Dari pinjaman tersebut investor akan mendapatkan bunga yang cukup besar. Sehingga bunga tersebut nantinya akan dibebankan kepada peminjam.

Baca Juga: Kalkulator Metode Budgeting 70/20/10: Cara Efektif Mengelola Keuangan

Ingin mencoba investasi jangka pendek? Bisa dipilih antara jenis-jenis di atas. Tentukan tujuan berinvestasi terlebih dahulu dengan begitu tidak lagi bingung memilih jenisnya. Hati-hati dengan penipuan, pastikan ke tempat yang terpercaya.

Posting Komentar

© InvestorPemula.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain