Pengertian dan Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang

Berikut adalah jenis-jenis investasi jangka panjang yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu apabila ingin melakukan investasi dalam jangka panjang.

Bagi calon investor yang memiliki rencana lebih dari 1 tahun investasi. Maka akan cocok menggunakan investasi jangka panjang. Karena berbeda tempo waktunya dengan investasi jangka pendek, maka investasi ini cocok untuk rencana masa depan.

Pada tiap-tiap pribadi tentu memiliki tujuan mereka masing-masing di masa depan. Beberapa target tentu memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Untuk memulai investasi, silahkan simak beberapa informasi dan jenisnya!

Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah salah satu jenis investasi yang memiliki tempo waktu lebih panjang daripada investasi jangka pendek. Umumnya, tujuan investasi jangka panjang adalah untuk menanamkan modal atau kekayaan dalam jangka waktu panjang.

Investasi dengan tempo waktu yang panjang ini hanya dapat dicairkan jika sudah tanggalnya, paling sedikit 1 tahun. Oleh karena itu, investasi ini sangat cocok untuk digunakan sebagai dana simpanan di masa depan. Karena keuntungan yang sangat besar akan didapatkan di akhir.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek

Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang

Modern ini telah banyak beredar jenis investasi jangka panjang yang bisa dipilih calon investor. Tiap-tiap jenisnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan target investor di masa yang akan datang. Untuk itu, yuk simak jenis-jenisnya!

1. Investasi dengan Saham

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang paling sering digunakan oleh para investor, yakni saham. Dalam hal ini, investor akan menanamkan modal kepada salah satu atau banyak perusahaan  yang memiliki potensi keuntungan besar.

Berinvestasi dengan saham perlu pintar-pintar mengolah dan menganalisis potensi kerugiannya juga. Walaupun saat ini telah banyak saham yang tidak memerlukan modal yang besar. Namun, perlu diketahui bagaimana pun investor harus siap menanggung risiko kerugian.

2. Investasi Reksa Dana

Selain merupakan jenis investasi jangka pendek, reksa dana dapat pula menjadi investasi jangka panjang. Dalam hal ini, reksa dana berupa surat berharga atau bukti klaim dari sebuah aset. Pilihan dari reksa dana jangka panjang ini juga beragam.

Calon investor dapat memilih bentuk investasi jangka panjang ini disesuaikan dengan dana serta risiko yang ditanggung. Selain itu, bentuk investasi reksa dana ini akan sangat cocok bagi investor yang tidak berpengalaman dalam bisnis. Karena tentu berbeda dengan saham.

3. Investasi Jangka Panjang Obligasi

Obligasi dalam investasi berjangka panjang ini berupa surat hutang yang akan diserahkan pada peminjam dalam tenggat waktu tertentu. Selain dapat menjadi investasi jangka pendek, obligasi dapat juga dilakukan dengan tenggat waktu lebih dari 1 tahun.

Dalam berinvestasi jenis obligasi ini sangat menguntungkan kedua pihak. Karena perusahaan yang menawarkan obligasi dapat meningkatkan bisnis mereka dari hutang tersebut. Nantinya juga akan mendapatkan profit untuk masa mendatang.

4. Investasi Properti

Para investor yang ingin nilai tinggi, rekomendasi investasi jangka panjang properti dapat menjadi pilihannya. Saat ini harga tanah di tiap tahunnya dapat meningkat hingga lebih dari 30% per tahunnya. 

Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk berinvestasi melalui properti karena harganya yang semakin tinggi tiap tahunnya. Namun, jenis investasi ini tidak akan cocok bagi calon investor yang memiliki modal pas-pasan. 

5. Investasi dengan Emas

Seperti yang diketahui bahwa emas memiliki harga yang cenderung stabil dan sangat mudah dicairkan sewaktu-waktu. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa emas dapat menjadi instrumen investasi jangka panjang.

Investasi jangka panjang dengan emas ini akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Akibat dari inflasi pada tiap tahunnya, harga emas akan meningkat. Sudah pasti harga emas tidak akan turun secara drastis sehingga akan menghasilkan keuntungan berlipat.

PENUTUP

Begitulah informasi mengenai investasi jangka panjang dan juga jenisnya. Tentu pada setiap jenis memiliki resiko nya sendiri. Pastikan sebelum memilih untuk berinvestasi, tentukan terlebih dahulu tujuan untuk jangka kedepannya serta risiko yang akan ditanggung.

Posting Komentar

© InvestorPemula.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain