3 Tips Investasi dari Rakesh Jhunjhunwala, Investor Sukses India

Berikut ini adalah beberapa Tips Investasi dari Rakesh Jhunjhunwala yang bisa kamu simpan sebelum melakukan investasi di pasar saham.

InvestorPemula.com - Rakesh Jhunjhunwala adalah seorang investor sukses dari India. Seperti Lo Kheng Hong yang kerap dijuluki sebagai Warren Buffett-nya Indonesia, Rakesh Jhunjhunwala pun juga disebut sebagai Warren Buffett-nya India.

Namun Rakesh Jhunjhunwala tidak terlalu suka dengan sebutan tersebut karena menurut dia itu terkesan seperti perbandingan. 

Seperti halnya Lo Kheng Hong, Rakesh Jhunjhunwala juga menjadi panutan oleh investor pemula maupun yang sudah berpengalaman, baik di India maupun di negara lain yang mengenal sosok Rakesh Jhunjhunwala.

Sebagai seorang investor saham yang profesional dan sudah sukses Rakesh Jhunjhunwala pun memberikan beberapa tips kepada investor lain, khususnya bagi para investor pemula dan yang lainnya supaya dapat meraih kesuksesan dari investasi saham.

Tips Investasi Rakesh Jhunjhunwala

TIPS INVESTASI SUKSES DARI RAKESH JHUNJHUNWALA

Sebagai investor pemula kita boleh belajar dari investor sukses dari mana saja. Termasuk dari Rakesh Jhunjhunwala yang berasal dari negara India. Rakesh Jhunjhunwala sendiri membagikan beberapa tips investasi yang mungkin bisa sangat bermanfaat untuk investor pemula seperti kami.

1. Gagal adalah Hal Yang Wajar

Menurut Rakesh Jhunjhunwala, gagal itu adalah hal yang wajar mengingat Rakesh Jhunjhunwala juga pernah merasakan gagal sampai akhirnya menjadi investor sukses yang sudah dikenal oleh banyak orang.

Investor sukses asal India tersebut mempercayai bahwa kegagalan adalah sebuah proses yang harus dilewati dalam perjalanannya saat melakukan investasi. 

Saat kamu mencoba investasi saham dan melakukan kesalahan pada awal-awal kamu terjun ke dalam dunia investasi maka jangan langsung menyerah begitu saja, jadikan kesalahan atau kegagalan tersebut sebuah pembelajaran agar kamu bisa menjadi investor yang lebih baik lagi.

Investor sukses saja pernah melakukan kesalahan maka sangat wajar sekali jika investor pemula juga melakukan kesalahan. Justru yang tidak wajar adalah saat kamu terus melakukan kesalahan yang mungkin sama setiap saat atau tidak ada perkembangan untuk menjadi lebih baik sama sekali.

2. Memilih Investasi Jangka Panjang

Jika kamu ingin menghasilkan uang, maka kamu harus memilih untuk berbisnis, tapi jika kamu ingin menumbuhkan uang, kamu harus berinvestasi. 

Apakah tujuan kamu membeli saham? Apakah untuk menghasilkan uang atau menumbuhkan uang? Jika kamu ingin menghasilkan uang dalam waktu yang singkat mungkin berbisnis atau bekerja lebih cocok daripada melakukan investasi saham.

Namun jika kamu ingin menumbuhkan uang yang sedang nganggur maka kamu tidak salah jika melakukan investasi saham. 

Dan salah satu tips dari Rakesh Jhunjhunwala adalah memilih investasi jangka panjang yang artinya kamu harus memilih saham dari perusahaan yang kemungkinan dapat bertahan dalam jangka panjang atau perusahaan bagus dengan fundamental yang kuat.

Memilih investasi jangka panjang sangat berguna bagi kamu yang tidak bisa memantau pergerakan saham setiap hari dikarenakan sibuk bekerja atau aktivitas lainnya.

3. Banyak Baca, Banyak Literatur

Investor sukses Rakesh Jhunjhunwala saja tidak bisa berhasil hanya dalam waktu satu hari. Butuh banyak waktu dan kesabaran yang harus dikorbankan untuk menumbuhkan atau membuat perubahan portofolio.

Sebagai investor pemula maka wajib hukumnya untuk belajar lebih banyak lagi. Kamu bisa belajar dengan membaca buku The Intelligent investor yang merupakan buku sakti dalam dunia investasi meski sudah ditulis lebih dari 50 tahun yang lalu.

Baca Juga: 4 Risiko Investasi Saham Yang Perlu Kamu Ketahui

Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini kamu juga sudah bisa belajar lewat sosial media, situs website, youtube, sampai webinar.

Setelah mengetahui tips investasi dari Rakesh Jhunjhunwala ini kamu sangat setuju dengan poin-poin yang sudah dijelaskan di atas. Bahkan kami rasa banyak investor yang juga setuju dengan tips ini.

Nah itulah tips investasi dari Rakesh Jhunjhunwala yang bisa kamu pelajari dan terapkan agar kesempatan untuk menjadi investor sukses seperti investor India tersebut semakin dekat.

Posting Komentar

© InvestorPemula.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain